spinning.

Ocehan seorang anak yang hidup ditengah-tengah sebuah kulturtekno

eBay-isme : bagian satu

with 6 comments

Beberapa minggu yang lalu, saya mendapatkan sebuah tugas presentasi kelompok tentang konsep image branding usaha online dengan mengambil contoh eBay (www.ebay.com) untuk kelas e-business saya.

Untuk yang tidak tahu apakah eBay (baca: i-bey) itu, saya berikan penjelasan pendek. eBay adalah sebuah website penyedia jasa pelelangan yang sangat terkenal yang berpusat di Palo Alto, Amerika Serikat. eBay telah berdiri dari tahun 1995, dengan penjualan pertama yaitu sebuah penunjuk laser rusak, hingga sekarang yang menyediakan jasa lelang berbagai macam barang dari buku hingga rumah. Bahkan rambut Britney Spears yang dicukur kemarin itu sempat dilelangkan senilai US$1,000,000 , sampai para administrator eBay mencabut lelang itu.

OK, jadi dosen saya meminta saya membikin presentasi tentang eBay, tapi saya benar-benar punya sedikit pengetahuan tentang eBay, sebatas membaca-membaca saja. Jadi saya memutuskan, OK gue harus nyoba menangin paling nggak satu lelang di eBay.

Problem pertama muncul, saya nggak punya kartu kredit. Akhirnya setelah nego dengan Bapak saya, Bapak membolehkan saya meminjam kartu kreditnya hanya untuk satu barang saja. Problem kedua, skeptisisme. Saya, walaupun termasuk pengguna reguler internet jarang sekali memesan barang lewat internet, apalagi lelang. Masalah keamanan transaksi dan juga trust kepada si penjual menjadi keraguan utama saya dalam mencoba lelang di eBay. Saya tidak mau nanti sudah bayar, ternyata tidak dapat apa-apa, apalagi pakai kartu kredit Bapak, hiiii.

Akhirnya, atas nama ilmu pengetahuan, saya mendaftarkan diri di eBay.

Selesai mendaftar di eBay, saya mendaftarkan kartu kredit Bapak di PayPal, sebuah anak perusahaan eBay yang menyediakan kemudahan transaksi dengan menggunakan kartu kredit (bagaimana caranya? akan saya jelaskan lain waktu🙂 ).

Masalah administrasi selesai sudah semua, sekarang saatnya mencari barang lelangan. Kebetulan saya ingin mencari game baru untuk XBox 360 saya, jadi saya cari saja game yang bersangkutan. Ada 2 game yang menarik perhatian saya Fight Night Round 3 dan Dead Rising, yang satu game tinju yang lainnya game zombie.

Kemudian saya menggunakan fungsi search di eBay untuk mencari kedua barang tersebut, dan ternyata banyak juga yang sedang melelangkan kedua barang tersebut. Saya mengikuti beberapa lelang yang menjual barang itu. Harga yang ditawarkan benar-benar sangat murah bila dibandingkan beli di toko. Harga sebuah game asli XBox360 di Malaysia itu kira-kira US$45, di eBay harga awalnya biasanya sekitar US$10. Namun, seringkali harga barang di eBay melunjak naik diatas US$20, apalagi di akhir-akhir lelang. Sedihnya saya tidak bisa membeli diatas US$20, karena saya harus memperhitungkan ongkos kirim ke Malaysia, yang biasanya US$5-US$10.

Setelah mengalami banyak kekalahan beberapa hari di banyak perlelangan, akhirnya saya menang!

Dead Rising yang saya menangkan

Dead Rising yang saya menangkan.

Sekarang saya sudah menang, dan menurut guidelines eBay, setelah kita memenangkan sebuah lelang kita harus berkoresponden dengan sang penjual dalam waktu 3 hari. Kemudian saya kirim pesan untuk si mister ShellFusion (sang penjual bule yang tinggal di Ontario, Kanada), yang isinya meminta total semua ongkos yang harus saya bayar. Entah karena saya gak sabaran atau takut-takut yang jual kabur, saya dengan rajin ngecek inbox eBay saya, siapa tau dia sudah membalas pesan saya.

Dan akhirnya dia mengirim total yang harus saya bayar.

Kemudian, saya bayar juga barangnya melalui PayPal. Setelah bayar, dag-dig-dug makin bertambah, karena pesan-pesan yang saya kirim yang kebanyakan isinya kapan mau dikirim, apakah pembayarannya sudah diterima (padahal kalau lewat PayPal itu sudah pasti diterima, biasa saya orang awam baru pakai PayPal), dan sebagainya, kembali nggak dibales-bales. Entah si bule mungkin males ngurusin pesan-pesan saya yang gak penting. Perasaan makin ketar-ketir nih, jangan-jangan duit saya digondol bule Kanada.

Hingga saya dapat email ini tadi malam.

 

Shipping notice

Shipping notice.

Jeda waktu saya menang lelang dan dikirimnya barang pas 3 hari dari 3 April hingga 6 April. Wah, hati sudah lumayan lega karena tahu bahwa barang sudah dikirim. Nah sekarang tinggal ongkang-ongkang kaki sambil nunggu barangnya sampai ke tangan saya dan kalau sudah sampai akan saya tulis bagian kedua eBay-isme ini🙂.

 

Written by chromeragnarok

April 7, 2007 pada 1:17 pm

Ditulis dalam How-To, Trading

6 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] XBox 360 yang saya pesan di eBay (ini lho) sudah datang dari sekitar minggu lalu. Tapi apa daya rentetan tugas yang tak kunjung henti bikin […]

  2. WAH BUAT PEMULA SEPERTI SAYA BAGUS BANGET NEH…
    TAPI APA SEAMAN ITU ???????????
    JADI HARUS PINTER ENGLISH NEH BUAT KORESPONDEN:)

    dodi

    Januari 8, 2008 at 9:39 pm

  3. @dodi iya mas dodi, selama kita perhatikan reputasi penjualnya, pasti aman kok🙂

    chromeragnarok

    April 1, 2008 at 12:19 am

  4. juegos flash poker

    el mejor poker online

    April 2, 2008 at 4:06 pm

  5. melayani jual beli balance paypal dengan harga terbaik dan terpercaya
    jual 10.500 per dolar
    beli 9.400 per dolar
    sms :081359034643
    YM : pebrisiswoyo

    pebri siswoyo

    Agustus 12, 2009 at 3:18 pm

  6. I would urge everyone that they should visit this blog
    in order to know how to stop watching porn
    http://howtostopwatchingporn.blogspot.com/ . It has truly helped me out with this bad habit.

    how to stop watching porn

    September 11, 2013 at 9:51 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: