spinning.

Ocehan seorang anak yang hidup ditengah-tengah sebuah kulturtekno

Pernah Berpikir Seberapa Mahal Identitas Anda?

with one comment

Stop. Sekarang berhenti sejenak dari kegiatan browsing, blogging, chatting, atau apapun yang Anda lakukan sekarang, karena apa yang saya sampaikan selanjutnya sangat penting. Beneran.

OK, sekarang saya minta Anda ingat-ingat waktu pertama kali melakukan kontak dengan sesuatu yang bernama internet, ingat-ingat ketika Anda membuat email, ketika anda mendaftar di Yahoo.com, atau Boleh.com. Selain, rasa excitement menyentuh teknologi baru itu, ingatkah ketika pertama kali anda menyerahkan identitas diri ke sebuah website di internet?

Banyak dari website-website di internet menyediakan service-service gratis asal Anda mendaftarkan diri di websitenya, dan banyak dari kita menganggap proses pendaftaran ini sepele. Banyak dari kita tidak peduli lagi dengan informasi-informasi yang kita berikan kepada website-website tersebut, padahal yang baru saja Anda serahkan adalah identitas Anda! Nah lho sekarang ingat-ingat sudah berapa kali Anda menyerahkan identitas Anda di Internet?

Banyak dari kita menyepelekan harga sebuah identitas diri di dalam internet. Dengan mudahnya kita memberikan data diri kita kepada website-website yang nggak jelas, apalagi website-website tersebut jelas menyatakan akan membagikan informasi kita kepada perusahaan lain di dalam user-agreementnya, tapi siapa yang baca sih? Mungkin ada yang bertanya lalu kenapa? Untuk saat ini mungkin belum ada impactnya buat diri kita sendiri, tapi paling tidak kita sadar bahwa diluar sana ada banyak orang asing yang telah mengetahui nama panjang kita, tanggal lahir, nama orangtua, dan informasi-informasi personal lainnya yang telah Anda berikan di internet. Walau terdengar seperti cerita novel-novel thriller , orang-orang bisa dengan mudah menyalahgunakan informasi pribadi Anda untuk keuntungan mereka sendiri. Pernah dengar istilah identity theft? Bayangkan ketika Anda sudah bekerja nanti, dengan posisi yang cukup tinggi, datanglah seorang asing yang tahu informasi-informasi pribadi Anda dan menggunakannya untuk entah mengancam Anda atau apapun yang merugikan Anda.

Terlepas dari proses registrasi website, banyak dari kita (termasuk saya :P) juga menyerahkan informasi pribadi kepada public secara terang-terangan. Friendster anyone? Tanpa privacy settings yang benar, website social networking seperti Friendster itu menunjukan data diri kita, walaupun tidak sampai yang pribadi, tapi menunjukan banyak informasi tentang kita, seperti sekolah dimana, umur berapa, lagu kesukaan, film kesukaan, dan lain-lain. Innocent as it may seem, tapi informasi-informasi seperti itu juga jauh lebih berbahaya. Untuk kaum wanita disini, siapa coba hayo yang ga pernah ditelpon orang asing yang ujug-ujug tau kita sekolah dimana, temennya siapa, atau suka film apa? Yang lebih canggih bejat lagi kalau ditangan seorang smooth talker ato con-artist nah itu jaminan mutu para cewek-cewek masuk terbuai dan masuk jebakannya . Entah mau diapain, use your own imagination.

Tapi, memang untuk memanfaatkan internet dengan maksimal, mau tidak mau kita harus mengorbankan identitas diri kita untuk sebuah service yang gratis. Akan tetapi, kita harus lebih selektif lagi memilih website yang layak kita berikan identitas kita. Sebelum mendaftar coba lihat bonafiditas website tersebut, lihat ini website bikinan siapa, desainnya bagaimana (walaupun ini stereotip, website-website berdesain bagus biasanya ‘jelas’), publikasi tentang website tersebut, dan lain-lain. Jangan dengan mudah memberikan data pribadi kita untuk sebuah smiley-smiley aneh atau program avatar 3D yang ga sebanding dengan harga identitas Anda.

Intinya, sekarang setiap Anda akan meregistrasikan diri Anda, berhenti sejenak, dan pikir seberapa mahal identitas Anda.

Ps: Artikel ini saya tulis dan saya publish langsung dari MS Word 2007, lumayan untuk percobaan fitur baru di MS Word.

Written by chromeragnarok

Mei 27, 2007 pada 11:32 pm

Ditulis dalam Privacy, Writings

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. pake ms word bajakan aja banggaaaaa!! *siyul2*

    aRdho

    Mei 28, 2007 at 6:10 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: